Mengenal Apa Itu Blockchain

Mengenal Apa Itu Blockchain

Dunia blockchain semakin terkenal di Indonesia belakangan ini. Semenjak tingginya keingintahuan masyarakat terhadap dunia cryptocurrency, semakin tinggi terhitung pencarian berkenaan teknologi blockchain.

Bukan hanya di kalangan komunitas IT, namun teknologi ini jadi familiar di kalangan masyarakat awam. Fenomena yang berawal dari perkembangan teknologi internet ini kian jadi sorotan masyarakat umum.

Lalu, apa sebetulnya teknologi blockchain? Apa kaitannya dengan aset cryptocurrency? Bagaimana dapat teknologi ini dapat merubah dunia? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari simak ulasan selanjutnya ini.

Apa Itu Blockchain?

Blockchain adalah teknologi yang digunakan sebagai proses penyimpanan atau bank information secara digital yang terhubung dengan kriptografi. Penggunaannya tidak lepas berasal dari Bitcoin dan Cryptocurrency lainnya. 

Meski begitu, terkandung banyak sektor lainnya yang dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dari Blockchain ini. Agar lebih mudah memahami makna dari Blockchain, mari kita menyaksikan dari segi penamaannya.

Block yang mempunyai makna group dan chain yang bermakna rantai. Pengertian Blockhain adalah berasal dari penamaan teknologi ini mencerminkan bagaimana langkah kerja blockchain.  Dimana, teknologi selanjutnya memanfaatkan resource computer untuk menciptakan blok-blok yang terhubung (chain).

Blok-blok yang saling membuka nantinya digunakan untuk mengeksekusi sebuah transaksi. Teknologi ini sebenarnya cukup menarik dikarenakan sifatnya yang tidak terpusat.  Blockchain dapat terjadi sendiri memanfaatkan algoritma computer tanpa tersedia proses khusus yang mengaturnya.

Perbedaan Blockchain dan Cryptocurrency

Cryptocurrency merupakan proses mata duwit digital yang diamankan memanfaatkan kriptografi. Sehingga, mata duwit selanjutnya tidak dapat dipalsukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Aset-aset crypto ini memanfaatkan teknologi yang disebut dengan blockchain. Jadi, blockchain merupakan database yang tidak dapat diganti atau diubah. Intinya, blockchain merupakan teknologi yang digunakan untuk menaruh information digital yang terhubung dengan kriptografi.

Keduanya ini sebetulnya berbeda, namun sama-sama berkaitan. Di mana crypto sebagai mata duwit digital dan blockchain sebagai teknologinya dan juga penyimpanan information digital yang terkait dengan transaksi cryptocurrency.

Keunggulan berasal dari Teknologi Blockchain

Setiap perkembangan teknologi baru tentu punya unsur keunggulannya tersendiri. Begitupun pada bidang teknologi blockchain. Keunggulan yang bisa didapatkan oleh para penggunanya lumayan beragam.x

Di antaranya adalah:

1. Sistem Transaksi yang Transparan

Teknologi ini bisa menyimpan data transaksi secara safe dan transparan. Ketika melakukan transaksi, ada public access yang bisa diamati oleh seluruh orang tanpa harus punya akses login. Hal ini tentu tidak sama jauh bersama dengan sistem atau pola perbankan pada umumnya.

2. Memiliki Proteksi Data yang Baik

Terdapat proses verifikasi oleh para penambang atau miner sebelum dieksekusi di banyak komputer. Struktur database tersebut berbentuk append only atau hanya bisa beri tambahan dan tidak punya akses perintah edit. Jadi, hacker tidak akan bisa melakukan hack atau social engineering untuk membuat perubahan data di dalamnya.

3. Efisiensi dan Lebih Cepat

Proses transaksi mata duwit konvensional akan memakan lumayan banyak sementara dan terkandung segi kekeliruan manusia yang terlibat di dalamnya. Namun, pada teknologi blockchain, transaksi menjadi lebih efisien, cepat dan tentu saja aman.

4. Keamanan yang Terjamin

Blockchain dilengkapi bersama dengan kelebihan enkripsi bersama dengan kriptografi. Sehingga, keamanan transaksi bukan menjadi masalah. Dengan menggunakan kriptografi, sejarah transaksi tidak bisa diubah dikarenakan telah terenkripsi. Sehingga bisa meminimalisir tindak penipuan.

5. Sistem Audit yang Lebih Baik

Salah satu fungsi perlu berasal dari teknologi blockchain adalah kapabilitas auditnya. Setiap orang bisa memandang dan melakukan tracking data transaksi agar terlalu mungkin untuk bisa menyadari jejak audit sebuah aset. Tidak ada kembali potensi untuk melakukan penggelapan dana korupsi, dikarenakan data transaksi berbentuk publik, immutable dan append only.

Comments

Popular posts from this blog

PT Unicon Precast Concrete Pagar Beton Uditch Jateng dengan kualitas Paling Baik

Pengiriman Barang Menggunakan Cargo Jakarta Jayapura

POE Huawei Switch: Perjalanan Menuju Keunggulan