Harga Kambing Boer dan Manfaat Kambing Pedaging Ini - Magetan Jawa Timur

Kambing boer merupakan jenis kambing pedaging yang terkenal di kalangan peternak Indonesia. Tapi, Kambing Boer bukan berasal dari Indonesia, melainkan berasal dari Afrika Selatan. Namun, istilah Boer merupakan nama yang berasal dari bahasa Belanda yang merujuk pada seorang petani. Itu karena peternak Belanda awalnya memelihara kambing Boer Afrika Selatan. Kambing ini sangat terkenal dan terkenal dengan karakternya yang ramah dan humoris. Tubuhnya benar-benar gagah seperti binatang buas yang siap dibawa ke medan perang. Tubuhnya yang besar dan berotot mengingatkan pada seekor kambing besar. Mereka sangat lembut dan aman di dekat anak-anak, dan mudah dirawat. Sistem kekebalan yang kuat membuat kambing sangat tahan terhadap penyakit. Kambing Boer mampu bertahan pada suhu yang sangat dingin, dengan suhu di bawah -24°C serta suhu yang sangat panas hingga 42 derajat Celcius sehingga cocok untuk dibudidayakan di banyak daerah.

 

Kambing Boer dapat dengan mudah dikenali karena ciri-cirinya yang khas. Dari bentuk tubuhnya yang besar, dengan panjang dan lebar yang semuanya tertutup kulit dan bulu berwarna putih. Kambing ini memiliki keunikan pada kepalanya yang persis seperti warna coklat kemerahan, telinga menggantung dengan tanduk panjang, dan hidung yang memanjang. Kambing Boer ini memiliki kaki yang panjang. Bulu dan kulit kepalanya yang berwarna coklat berfungsi untuk melindungi dari teriknya sinar matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit karena salah satu ciri Kambing Boer sangat suka bermain dan berjemur di antara padang rumput yang luas. Kambing Boer termasuk kambing yang mampu bertahan di segala kondisi dan mahir dalam beradaptasi dengan segala situasi seperti pegunungan berbatu dan semak belukar, serta padang rumput. Makanan kesukaan Kambing Boer adalah daun-daunan.

 

Kambing Boer jantan memiliki tubuh fisik yang kuat dan berotot dari pundak hingga punggung yang dipenuhi otot dan daging. Sebagai induk unggul, dipercaya kambing Boer jantan ini mampu mengawini 30 hingga 40 ekor betina dan kawin setiap bulannya. Jantan mulai aktif kawin pada usia 7 atau 8 bulan. Proses mentransfer garis keturunannya sangat cepat. Selain itu, Kambing Boer betina di bagian kepala dan leher terlihat lebih ramping. Induk betina berkualitas tinggi menikah pada usia 10-12 bulan, berdasarkan berat badannya. jarak kehamilan 5 bulan, dan dalam 2 bulan betina mampu melahirkan bayi sebanyak 3 kali. Selama hidupnya, diperkirakan ia dapat melahirkan anak sebanyak 6 hingga 12 kali, karena masa produktifnya dapat bertahan hingga 5 hingga 8 tahun.

 

Harga kambing boer cukup mahal, dan harga kambing boer dewasa bisa mencapai Rp. 9 juta menjadi Rp. 12 juta untuk usia di kisaran 1 sampai 2 tahun. Menarik bagi anda yang ingin memulai usaha peternakan kambing. Kambing Boer ini sangat ramai dibeli karena jumlah daging yang dimilikinya lebih banyak dari rata-rata kambing raja negeri itu. Daging adalah gelar yang harus diberikan kepada kambing Boer ini. Harga berdasarkan jenis kambing pedaging.

 

Kambing Boer seri F ini banyak diminati oleh beberapa kelompok untuk kurban, mengingat harga daging yang mereka panen sangat mahal dan Kambing Boer merupakan salah satu jenis kambing terbaik yang digunakan untuk kurban. Pada masa Qurban, harga kambing jantan Boer F2 mencapai Rp. 12 juta ekor, jumlah yang cukup tinggi untuk kambing pedaging pada umumnya. Daging dari kambing ini bisa mencapai 40-50 persen dari bobot tubuhnya.

 

Selain itu, tujuan utama peternakan Kambing Boer adalah untuk produksi daging yaitu untuk memenuhi kebutuhan daging di pasar. Permintaan kambing Boer di pasaran selalu ada karena kualitas dan kuantitas dagingnya yang tinggi disukai konsumen. Mereka sangat menyarankan bagi mereka yang ingin mendirikan perusahaan peternakan kambing yang berfokus pada pembuatan daging, untuk memilih Kambing Boer ini untuk dikembangbiakkan. Hasil ini menghasilkan putaran cepat, dan nilai jual tinggi.

 

Kambing boer memiliki struktur tubuh yang unik yaitu memanjang. Bagaimana peternak tidak tertarik dengan budidaya kambing boer? Khususnya dalam hal perawatan dan pembagian asupan pakan yang ditambahkan ke dalam pakan akan mempercepat proses penggemukan kambing Boer. Beternak kambing Boer cukup sederhana dan Anda hanya perlu memperhatikan porsi pakan serta kesehatan lingkungan. Perkembangan kambing Boer ini cukup pesat karena baru berumur 5-6 bulan dan sudah bertambah berat 35-45 kg.

 

Kambing Cross Boer

 

Kambing Boer silang merupakan hasil perkawinan silang antara kambing Boer dengan kambing lokal yaitu kambing Jawarandu, PE, dan kambing kacang. Perkawinan silang kambing Boer dengan kambing lokal merupakan salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi ternak kambing dan meningkatkan produksi daging. Bobot badan merupakan faktor penting dalam menentukan nilai usaha ternak sehingga peternak dapat menghitung jumlah daging yang dihasilkan dan harga jualnya untuk menghitung keuntungan yang diperoleh. Ada berbagai jenis kambing yang dihasilkan dari persilangan antara kambing lintas boer tertentu ly

 

1. Kambing Boerja hasil perkawinan silang antara kambing Boer jantan dengan kambing Jawa betina.

2. Kambing Boerawa, yaitu hasil perkawinan silang antara kambing Boer jantan dengan kambing Etawa betina.

 

Kambing Boer yang berproduksi mampu mencapai bobot hingga 80 kg, sedangkan kambing Jawa bobotnya mencapai 25 kg, kambing Boerja serta Boerawa bobotnya antara 35 hingga 45 kg. Kawin silang telah terjadi di berbagai lokasi seperti Bojonegoro, Blitar, Malang dan treggalek. Hal ini tidak lepas dari dukungan pemerintah daerah dimana gubernur sangat berperan dalam mendorong program ini sehingga dapat membantu masyarakat dalam budidaya kambing di Indonesia. Salah seorang peternak tradisional Jawa Timur mengaku mendapat pesanan dari rumah makan dan saat itu menjual sebanyak 300 ekor kambing Boerwa ke wilayah Sulawesi. selain Nusa Tenggara Timur. Salah satunya adalah peternakan pertanian yang fokus pada pembibitan Boerja bersama dengan kambing Boerwa. Fasilitas pertanian pertanian berada di Karangpoloso, Malang, Jawa Timur.

 

Selain itu, pada tahun 2005 lalu di Ciawi yaitu di Ciawi, tepatnya di Balai Peternakan Ciawi, telah dilakukan penelitian perkawinan silang antara kambing Boer jantan dan kambing betina lokal. Peningkatan produktivitas kambing lokal melalui peningkatan kualitas genetik melalui persilangan antar pejantan unggul seperti kambing Boer menawarkan banyak kemungkinan. Studi ini menunjukkan adanya peningkatan bobot bayi baru lahir sekitar 15,6 persen dibandingkan kambing PE. Selain itu, persilangan kedua jenis kambing tersebut dilakukan oleh tim peneliti yang tergabung dalam Loka Penelitian Kambing, di Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian. Banyak penelitian telah dilakukan untuk menghasilkan temuan yang sangat positif bagi peternakan kambing boer Indonesia. Oleh karena itu, beberapa manfaat dari persilangan kambing Boer, atau disebut juga kambing boer silang dapat diuraikan sebagai berikut:

 

1. Kambing Cross Boer memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. Berat lahir rata-rata antara 2,2 - 2,8 kilogram per ekor. kemudian, saat kambing berumur 6 bulan mengalami peningkatan berat badan hingga mencapai 16-20 kilogram per ekor. Tergantung dari berat total satu ekor kambing persilangan kambing Boer umur antara 12-18 bulan bisa mencapai 26-36kg untuk setiap ekornya.

 

2. Tingkat reproduksi kambing Boerka tinggi, kambing Cross Boer mampu beranak sampai 3 kali dalam 2 tahun. Ada 1 atau 2 anak pada setiap kelahiran per induk. Kambing persilangan memiliki kemampuan beradaptasi dengan kondisi tropis basah yang terdapat di daerah dataran rendah.

 

Keunggulan yang dimiliki kambing cross-boer memiliki kemungkinan untuk dikembangkan baik oleh peternak komersial maupun tradisional. Hal ini akan menambah pengetahuan peternak dan membantu masyarakat dalam beternak domba cross boer, sehingga seluruh masyarakat dapat meningkatkan produktivitasnya. Peternak juga dapat menentukan harga jual kambing Cross Boer di pasar internasional dan nasional. Harga rata-rata penjualan kambing cross boer di pasaran adalah Rp 80.000 per kg.

 

Budidaya Kambing Boer

 

1. Kandang dan tanah

Lokasi dan kondisi lahan tidak terlalu sulit karena kambing Boer mampu beradaptasi dengan situasi apapun, dan cukup luas sesuai dengan kebutuhan. Lahan dan kandang sebaiknya tidak diletakkan di daerah yang sulit mendapat sinar matahari dekat pemukiman dan tidak tergenang air saat hujan deras. Sistem kandang yang dikoleksi dianjurkan untuk menjaga kesehatan kambing sekaligus memudahkan pembuangan kotoran kambing.

 

2. Biji

Saat memilih bibit dan induk yang akan dijadikan sebagai penghasil atau penerus generasi kambing berikutnya. Spesifikasi unggulannya adalah kambing yang sehat dengan tubuh yang kuat dan tegap. Periode ayah yang baik adalah antara 6 dan 7 bulan.

 

3. Beri makan

Dalam proses pemberian pakan, kambing Boer seperti kambing lainnya lebih menyukai daun hijau seperti daun nangka. Porsi pakan dapat berkisar dari 10% hingga 15% berat. Selain itu pakan tambahan yang dapat menambah nutrisi untuk mempercepat pertumbuhan kambing dapat diolah di pabrik maupun diolah sendiri dengan kandungan protein 16%. Selanjutnya, kambing Boer bisa minum 1,5 liter hingga 2,5 liter air per hari. Untuk menjaga kesehatannya, air perlu diganti setiap hari.

 

4. Pemuliaan dan Perawatan

Proses pengobatannya pun tidak terlalu sulit karena domba boer memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat. Ini adalah spesies langka. sedang dilanda penyakit. Namun, kesehatan harus diperhatikan untuk menjamin kesehatan kambing. Pastikan untuk menyemprotkan disinfektan secara rutin di dalam kandang. Fase pemuliaan harus dikontrol untuk menghasilkan hasil yang lebih efektif. Jika digabungkan atau dibiarkan pejantan unggul tidak dapat bercampur dengan betina unggul sehingga anak-anak mereka tidak akan memiliki hasil yang diinginkan. Itulah beberapa keunggulan kambing boer dan harga jual saat ini yang bisa dijadikan patokan bagi para peternak yang mencarinya. g untuk memulai bisnis hewan. Jika dirawat dengan baik, itu bisa menghasilkan keuntungan besar. Ini bisa menjadi aset yang bagus!

Comments

Popular posts from this blog

PT Unicon Precast Concrete Pagar Beton Uditch Jateng dengan kualitas Paling Baik

Pengiriman Barang Menggunakan Cargo Jakarta Jayapura

POE Huawei Switch: Perjalanan Menuju Keunggulan